bisnis sampingan aneka macam bisnis sampingan peluang usaha rumahan dan tips ide bisnis online

Usaha Sampingan Mahasiswa Bikin Gampang Aja


Usaha Sampingan Mahasiswa Bikin Gampang Aja - Di beberapa lokasi saya lihat ada beberapa usaha sampingan mahasiswa yang cukup beragam jenisnya. Ada yang dagang makanan, ada yang suka dengan bisnis online, ada yang buka usaha di rumah, ada yang buka bimbingan belajar, ada yang mencoba peruntungan di bisnis ternak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin sepertinya mudah bagi mereka yang benar-benar memiliki jiwa yang mandiri dan memang memiliki dasar rasa suka terhadap ranah wirausaha. Namun akan sulit bagi kita yang kurang paham mengenai usaha mandiri atau tentang kewirausahaan. Jangankan mau usaha mandiri, mau usaha apa aja akadang tidak tahu.

Memang, kesulitan banyak dirasakan oleh banyak orang, soal kewirausahaan ini. Tak hanya mahasiswa saja, bahkan orang umum seperti karyawan atau korban PHK, mungkin juga tidak mudah menemukan jenis usaha yang cocok. Namun sebagai mahasiswa, tentunya harus mampu berfikir luas. Namun juga harus mampu berfikir sederhana.

Dalam artian, janganlah dibikin susah dalam memilih usaha, pilih saja usaha yang mudah. Sederhanakan sudut pandang Anda, lihatlah beberapa bidang acuan, ada dagang, ternak, budidaya, fashion, online, otomotif, elektronik, gaya hidup, kopi, yang kesemuanya punya potensi usaha yang bisa Anda pilih.

Bisa disesuaikan dengan posisi diri

Saya lebih suka menyederhanakan suatu hal yang sulit menjadi hal yang mudah, meskipun pada kenyataannya tak mudah untuk mempraktekannya. Intinya adalah mensederhana sudut pandang ketika kita hendak memilih suatu jenis usaha yang cocok bagi kita yang masih duduk di bangku kuliah Iini bisa kita lihat dari posisi kita sekarang.

Misal posisi saat ini adalah anak kos, lalu mau usaha apa sebagai anak kos..? atau mungkin anak kuliah yang anak rumahan, mau usaha apa sebagai putra daerah yang kesehariannya masih tinggal dengan orang tua..? nah dari sadar akan posisi diri, sehingga kita akan melihat bidang kerja apa yang cocok untuk posisi Anda tersebut.

Contoh untuk posisi seperti anak kos, yang tak mungkin buka usaha di tempat kos. Bagaimana kalau beli usaha franchise murah seperti gerobak franchise teh atau kopi dengan menyewa lokasi di depan mini market dalam ukuran meter persegi, lalu mempekerjakan satu orang karyawan sehingga waktu kuliah tidak terganggu.Ini pun cocok karena dengan modal yang cukup rendah, misal di kisaran 6 jutaan, tentu tak menjadi beban yang besar bagi mahasiswa. Atau bila ini kurang mungkin lantaran tak memiliki banyak modal, menekuni bidang online tak ada salahnya. Di online sendiri bisnis tanpa modal ada banyak, seperti ngeblog, ikut afiliasi, ikut program iklan PPC dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana dengana mahasiswa yang asli putra daerah,,? sederhana saja, peluang Anda adalah sama dengan orang-orang yang lainnya. Baik itu para pekerja yang mengelola usaha sampingan, maupun mereka yang murni mandiri. Yang membedakan hanyalah status saja, dan jumlah waktu luang yang dimiliki.

Demikianlah tadi ulasan kita tentang Usaha Sampingan Mahasiswa. Semoga dapat memberikan informasi serta menambah wawasan kita khusunya mahasiswa tetap bisa kreatif dan produktif tanpa mengahambat kegiatan belajar. Semoga bermanfaat, terimakasih.


@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Usaha Sampingan Mahasiswa Bikin Gampang Aja